T <marquee behavior="alternate">Perjalanan Setelah Kematian"</marquee> ~ SNW

Selasa, 30 September 2014

Filled Under:

Perjalanan Setelah Kematian"





'""Ibarat kan seseorang yang sedang merantau ke negeri orang untuk mencari pengidupan, dan ketika tiba sa'at nya untuk  mudik ke kampung halaman kita akan meyiapkan bekal atau setidaknya hadiah untuk orang tersayang yang ada di rumah . Begitu pula kita sebagai mahluk yang fana (tidak kekal) ada saatnya kita  untuk kembali ke tempat asal kita yakni akhirat.  kita akan membawa bekal . entah bekal apa yang nantinya akan kita bawah , semua itu tergantung dari kita ,. bekal apa yang telah kita persiapkan enteh bekal kebaikan atau keburukan . amalan kebaikan atau amalan kebutukan yang nantinya akan kita bawa tergantung dari apa yang kita kumpulkan di dunia..'""



Hadist Rasulullah

"Apabila seorang manusia meninggal maka putuslahamalnya, kecuali tiga hal: Sedekah jariyah atau ilmu yang bermanfaat sesudahnyaatau anak yang shalih yang mendo’akannya”.

Daftar isi :  1) Alam barzakh 2) Tiupan sangkakala 3) Padang mashar 4)Syafa'at 5) Hisyab 6) Pembagian catatan amal 7) Mizam 8) Telaga kautsar 19) Ujian keimanan seseorang  10) Shirat 11) Jembatan,..


                                                                      "ALAM BARZAKH"

Alam barzakh adalah ? alam kubur . alam barzakh merupakan tahapan pertama  ketika kita meninggalkan dunia ,. keadaan di alam kubaran beraneka macam  tergantung amalan yang ia lakukan se masa di dunia 

Sabda Rasulullah SAW: “Sungguh jika diantara kalian telah wafat, diperlihatkan padanya tempatnya kelak setiap pagi dan sore, jika ia penduduk surga maka diperlihatkan bahwa ia penduduk surga, jika ia penduduk neraka maka diperlihatkan bahwa ia penduduk neraka, dan dikatakan padanya: inilah tempatmu. Demikian hingga kau dibangkitkan Allah di hari kiamat” (Shahih Bukhari)
. Dan apabila seseorang di alam kubur mendapatkan kemudahan yakni di lapangkan kuburanya dan kemudahan yang lain . maka nantinya ketika dalam perjalanan selanjutnya akan  mendapat kan kemudahan, begitu pula sebalikya apabila ia se masa di alam kubur mendapatkan kesusahan  yakni di sempitkan kuburannya dan kesengsara'an yang lain , maka sudah di pastikan perjalanan selanjutnya akan melaluinya dengan susah payah ..   D i antara siksa kubur yang akan di terima oleh ahli kubur seperti yang telah di sabdakan oleh baginda NABI.

Sabda rasul tentang siksa kubur:
Dari Zaid bin Tsabit, ia berkata : Ketika Nabi SAW berada di kebun banu Najjar dengan mengendarai baghal dan kami bersama beliau, tiba-tiba baghal tersebut berbelok dan lari kencang hampir-hampir melemparkan beliau SAW, lalu berhenti. Dan ternyata di situ ada enam, lima atau empat pusara (demikian yang dikatakan oleh Al-Jurairi). Lalu Nabi SAW bersabda, “Siapa yang mengenal penghuni kubur ini?”. Lalu ada seorang sahabat yang menjawab, “Saya”. Beliau bertanya lagi, “Kapan mereka itu meninggal?”. Sahabat tadi menjawab, “Mereka itu meninggal dalam kemusyrikan”. Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya umat ini akan diuji di dalam kuburnya. Sekiranya aku tidak khawatir bahwa kalian akan takut mengubur (mayat), tentu aku berdoa kepada Allah agar Allah memperdengarkan siksa kubur kepada kalian sebagaimana yang aku dengar”. Kemudian beliau menghadap kepada kami, lalu bersabda, “Mohonlah perlindungan kepada Allah dari siksa neraka!”. Lalu para sahabat berdoa, “Kami berlindung kepada Allah dari siksa neraka”. Beliau bersabda lagi, “Mohonlah perlindungan kepada Allah dari siksa kubur!”. Lalu para sahabat berdoa, “Kami berlindung kepada Allah dari siksa kubur”. Beliau bersabda lagi, “Mohonlah perlindungan kepada Allah dari fitnah-fitnah yang tampak maupun yang tersembunyi!”. Lalu para sahabat berdoa, “Kami berlindung kepada Allah dari fitnah-fitnah yang tampak dan yang tersembunyi”. Beliau bersabda lagi, “Mohonlah perlindungan kepada Allah dari firnah Dajjal!”. Para sahabat berdoa, “Kami berlindung kepada Allah dari fitnah Dajjal”. [HR. Muslim juz 4, hal. 2199] .......

Dan setelah tiba waktunya untuk keluar dari kuburan maka sa'atnya untuk proses berikutnya yakni . tiupan sangkakala.


                                                                "Peniupan sangkakala"

Sangkakala adalah trompet yang nantinya akan di tiup oleh malaikat israfil. Yang selalu siap menungu perintah dari Allah  Swt.   Sejak awal pencipta'an bumi Allah menciptakan sangkakala dan malaikat Israfil meletakannya di mulutnya (tafsir ibnu jarir at tabrani.) .
Banyak pendapat tentang angka tiupan sangkakala . ada yang berpendapat 2 kali tiupan dan ada juga yang berpendapat 3 kali tiupan...
 Kita bicarakan yang ke 3 saja

1) Tiupan untuk mengejutkan para mahluk Allah swt . Yang ada di langit ataupun di bumi ..
"Dan ingatlah ketika hari tiupan sangkakala, maka terkejutlah segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi . Kecuali pada apa yang di kehendaki oleh Allah Awt. Dan semuany datang kepadanyan dengan merendahkan diri .(An 'naml '87' )

2)Tiupan untuk memetikan dan membinasakan segala sesuatu .

3) Tiupan untuk membangkitan

Dan di tiuplah sagkakala.maka matilah segala apa yang ada di langit dan di yang ada di bumi. kecuali apa yang di kehendaki oleh Allah . dan kemudian di tiuplah sangkakala itu lagi . maka tiba tiba mereka berdiri untuk menungu keputusan ( masing masing) . "Az- zumar "68" ..


                                                                       " Padang masyar "


Padang Masyar Adalah : Bumi yang baru yang di ciptakan untuk tempat penghisaban/perhitungan
Sebagaimana yang telah Allah terangkan dalam Al. qur'an .

" Yaitu pada hari ketika bumi di ganti dengan bumi yang baru/lain, dan demiikan juga langit dan mereka semua berada di padang mashar , barkumpul menghadap kehadiat Allah. yang meha esa lagi maha penyayang ( Qs"Ibrahim"48 )

 Lamanya mahluk yang berada di padang Mashar  adalah seperti Satu hari yang lamanya seperti 50'000 tahun di dunia Sebagai mana seperti yang Allah terangkan.

Di padang mashar . Allah Swt. mendatangkan surga dan neraka  . dan melipat gandakan matahari yang kalau di dunia hanya satu . akan tetapi di padang masyar Ada 7 matahari sekaligus. Dan manusia tengelam dalam keringatnya sendiri .

Dari Miqdad bin al-Aswad r.a. katanya: Aku ada mendengar Rasulullah s.a.w bersabda: "Didekatkan matahari pada hari qiamat kepada makhluk-makhluk sehingga matahari itu menjadi dekat kepada mereka sejarak satu mu; maka pada saat itu manusia berada dalam peluh masing-masing mengikut kadar amal jahatnya; ada di antara mereka yang keringatx Sanpai di
mata kakinya, ada yang sampai ke lututnya, ada yang sampai ke pinggangnya dan ada yang sampai peluhnya masuk ke mulutnya."
(Muslim dan Tirmizi)



                                                                        " Syafa'at "

Syafaat adalah pertolongan kepada kaum muslimin yang Allah kehendaki . Syafaatnya yang akan di di berikan ada dari  Al . Qur'an yang kita baca , dan kita tadabuti . dan para nabi .. di anara lain Adalah nabi Muhammmad Saw. Dan lainnya . Para malaikat dan para shuhada(orang yang mati syahid)

" Setiap nabi mempunyai do'a yang mustajab, semua nabi telah mengunakan do'a tersebut . Dan aku menyimmpanya sebagai Syafat bagi umatku , kelak di hari kiamat / maka syafa'at tersebut Insya Allah akan di dapati oleh setiap orang dari umatku yang wafat dalam tidak menyekutukan Allah ta'ala dalam sesuatu apapun ..( HR" Bukhari Dan Muslim )

                                                                     " Hisyab "

Hisyab artinya perhitungan . perhitungan amalan yang telah manusia lakukan selama ia hidup di dunia entah itu amalan kebaikan atau malah amalan kejahatan .  Padaa tahapan ini Allah  menunjukan amalan amalan yang mereka perbuat se masa hidup di dunia . Seperti yang telah Allah jelaskan di Dalam Al quran. "" Setiap manusia berlutut di atas  lutut mereka ' dan kamu liat tiap tiap umat di pangil untuk melihat catatan amalnya . pada hari itu kamu di beri balasan terhadap apa yang kamu kerjakan ( Qs. Al. gatsiah ; 28 ")   

 Umat yang pertama  di padang mashar adalah umatnya nabi muhammad Saw. dan  yang pertama tama di hisyab dari hak-hak Allah adalah Sholat....

                                                   " Pembagian catatan amal"

Pada detik-detik terakhir hari perhitungan , tiap- tiap hamba akan di beri kitab ( catatan amal ) Yang mencakup lembaran-lembaran yang lengkap yang berisikan tentang perbuatan yang telah ia kerjakan sewaktu hidup di dunia . 
Ada hamba yang menerima catatan amalanya dengan tengan kanan dan ada pula yang menerimanya dengan tengan kiri ..

" Adapun orang orang yang di berikan catatan amalnya dengan tangan sebelah kananya , maka ia akan di periksa dengan pemeriksa'an yang mudah.  Dan dia akan kembali kepada kaunmnya ( yang sama sama ber'iman )  Dengan gembira.  Adapun yang di berikan kitabnya dari belakannya  maka ia akan berteriak  ' celakalah aku' dan ia akan masuk ke dalam apa yang menyala nyala .' neraka'(  QS. Al. insyiqaq .8. 12 )



                                                               " MIZAN"

Mizan / yaumul mizan atau dengan nama lain yaitu yaumul amal' merupakan tahap perhitungan amal . Semua umat manusia akan di timbang amalnya  Satu persatu oleh Allah dan tidak ada seseorangpun yang di zolimi atas amal yangg telah ia lakukan di dunia. antah itu amal baik ataupun amal keburukan .
Sebagaimana yang telah Allah jelaskan dalam Kitabnya "  Dan kami tidak akan memasang timbangan  yang tepat pada hari kiamat maka tiadalah seseorang di rugikan walau sedikitpun, dan jika amalan itu hanya sebesar biji sawipun kami mendatangkan (pahalanya)  Dan cukuplah kami sebagai pembuat perhitungan ( Qs; Al- anbiya ; 47 )



                                                         " TELAGA KAUTSAR "

Sekedar pengetahuan saja , bahwa Telaga Kautsar itu adalah nama sebuat telaga milik Rasulullah Saw,
Umat Nabi Muhammad akan datang untuk minum di telaga tersebut . maka umat 
Rasul tidak akan merasakan haus untuk selama lamanya


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 SNW.