T Pertemuan antara Rasulullah Saw .dengan Abu Thalib ~ SNW

Senin, 14 April 2014

Filled Under:

Pertemuan antara Rasulullah Saw .dengan Abu Thalib


Pertemuan antara Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dengan Abu Thalib
Ibnu Ishaq berkata bahwa Ya’qub bin Utbah bin Al-Mughirah bin Al-Akhnas berkata kepadaku bahwa ia diberitahu,
“Ketika orang-orang Quraisy mengancam  Abu Thalib, Abu Thalib segera menemui Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dan berkata kepada beliau, ‘Hai keponakanku, sesungguhnya kaummu belum lama datang kepadaku dan berkata begini dan begitu kepadaku. Oleh karena itu, tetaplah engkau bersamaku, jagalah dirimu, dan jangan seret aku ke dalam persoalan yang tidak sanggup aku pikul.’ Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menduga bahwa pamannya telah berubah sikap, tidak Iagi melindungi dan akan menyerahkan beliau, dan tidak mampu membela serta tidak berpihak lagi kepada beliau.
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Paman, demi Allah, seandainya mereka meletakkan matahari di tangan kananku dan bulan di tangan kiriku agar aku meninggalkan persoalan ini hingga Allah memenangkan perkara ini atau aku mati karenanya, niscaya aku tidak meninggalkan persoalan ini.’ Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sedih. Beliau menangis, kemudian berdiri dan pergi dari hadapan Abu Thalib.
Ketika beliau hendak meninggalkannya, Abu Thalib memanggil, ‘Hai keponakanku, kemarilahl’ Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam datang kembali. Abu Thalib berkata, ‘Keponakanku, pergilah dan katakan apa saia yang engkau kehendaki, karena sampai kapan pun aku tidak akan menyerahkanmu kepada siapa pun’.”


Hikmah kisah :
1) Rasulullah adalah orang yang mempunyai sifat teguh pendirian .tidak mudah menyerah ..

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 SNW.